Sunday, August 12, 2007

Cerita Hari Ini - 036


Guru


Tadi setelah kebaktian ada "presentasi" teman dari Komunitas Air Mata Guru -- Kelompok guru yang berjuang melawan kecurangan dalam praktek Ujian Nasional. Dibentuk oleh 27 orang guru di Medan yang sejak bulan Mei lalu ngalamin intimidasi, teror, pemecatan dan pemotongan gaji karena kejujuran mereka.

Saya benar-benar ga habis pikir, kok ada sekolah yang malah mendorong siswanya berbuat curang. Dengan sengaja mereka ngebagiin jawaban ujian nasional kepada para siswa, demi ngejar "target" kelulusan. Sad. Padahal apa gunanya lulus 100% kalau ternyata kualitasnya malu-maluin? Sebuah "retorika" gombal.

Cilakanya pejabat pemerintah malah ikut "bermain di air keruh". Sigh. Ujung-ujungnya demi duit dan jabatan juga. Tapi nasib guru di Indonesia secara umum memang memprihatikan. Fasilitas rendah, kesejahteraan minim. Rasanya ga adil juga terlalu nyalahin guru yang terpaksa tunduk terhadap tekanan para "pejabat durno”.

Walau bukan berarti bisa ditolelir. Kecurangan bagaimana pun harus diberantas. Lebih-lebih dalam dunia pendidikan, cikal bakal masa depan bangsa -- Malam ada briefing untuk tim yang mau berangkat ke Kalimantan Barat minggu depan. Mission Trip. Saya ikut. Rencana kita seminggu di sana.

No comments: