Friday, August 10, 2007

Cerita Hari Ini - 034


Richter


Dapat kabar dari teman, kemarin Jakarta gempa. Katanya sempat panik juga. Pusat gempa di barat laut Indramayu, tapi getarannya terasa sampai ke Jawa Tengah dan Sumatera. Piuhh!! "Uniknya" walau terjadinya di Indonesia, tapi yang nyiarin duluan justru CNN. Lengkap dengan laporan langsung via telpon. Real time.

Konon itu "gempa dalam" terbesar dalam kurun 40 tahun terakhir. BMG mencatat 7 Skala Richter. United States Geological Survey menyebut 7,5 Skala Richter. Untung pusat gempa cukup dalam, 289 km di bawah laut. Jadi ga sampai tsunami -- Saya percaya setiap peristiwa alam pasti ada "pesan". Semoga manusia "menangkapnya".

Skala Richter tuh ukuran gede gempa. Ditemukan Charles Francis Richter, ahli gempa asal Amerika, tahun 1935. Sebelum menjadi ahli gempa, Richter sebetulnya pengen ngedalami astronomi. Tapi karena tawaran dosen pembimbingnya, ia lalu bergabung di tim laboratorium seismologi. Dan tawaran sang dosen itu ga sia-sia.

Mancing nihil. Dari kemarin siang ga dapet satu ekor pun. Padahal laut segede gitu, umpan pun aneka rupa -- cumi, udang, ikan hidup, ikan mati. Ngosh. Ikan-ikan kecil sih dapat banyak. Hasil mancing iseng anak-anak dan para istri :). Siang pulang. Mampir di pasar ikan di daerah Mersing, tapi tutup. Hiks. Bahkan "mancing" di pasar ikan pun ga dapet!

No comments: