Friday, August 17, 2007

Cerita Hari Ini - 040


Indonesia Raya


Pagi hujan deras. Sampai siang. Seterusnya mendung. Cuaca bener-benar ga bisa diduga nih. Malam persekutuan doa jemaat di gereja. Tema Indonesia Merdeka. Khusus berdoa buat Indonesia. Di akhir acara kita menyanyikan lagu Indonesia Raya. Termasuk dua bait yang lagi jadi kontroversi.

Indonesia Raya diciptakann tahun 1924 oleh Wage Rudolph Supratman. Konon karena ia merasa tertantang setelah membaca artikel: "Manakah Komponis Indonesia yang Bisa Menciptakan Lagu Kebangsaan Indonesia yang Dapat Membangkitkan Semangat Rakyat?", di Majalah Timboel terbitan Solo.

Pertama kali diperdengarkan saat Kongres Pemuda 1928 lewat gesekan biolanya. Hanya instrumen karena larangan pemerintah Hindia Belanda. Sejak itu Indonesia Raya “booming”. WR Supratman meninggal 17 Agustus 1939. Tanpa pernah menyangka, setiap tanggal itu lagu ciptaannya serentak dikumandangkan rakyat Indonesia.

Indonesia Raya dengan durasi 3 menit 49 detik adalah lagu kebangsaan terpanjang di dunia. Lagu itu telah membakar semangat juang rakyat Indonesia pada "masa pergolakan" dulu. Menghidupi semangat lagu itu jauh lebih penting daripada sekadar meributkan satu atau tiga stanza.

No comments: