Sunday, January 14, 2007

Catatan Harian

Day 77

Minggu, 14 Januari 2007 -- Beberapa hari belakangan cuaca Singapore sejuk. Tidur ga perlu pakai AC. Saya suka tempat sejuk. Paling asyik ngerasain hembusan angin sejuk. Rasanya tentrem gitu. Dulu Bandung sejuk. Yogyakarta juga kalau pagi sejuk. Tapi sekarang lebih banyak panasnya. Kecuali di daerah tertentu kayak Lembang dan Kaliurang. Di Jakarta udara sejuk adalah kemewahan. Boleh dikata ga ada saat-saatnya cuaca sejuk. Konon cuaca di suatu daerah bisa menunjukkan karakter masyarakatnya loh.

Minggu lalu dapat kiriman buku "Sehat Itu Murah", dari penulisnya sendiri Dr. Handrawan Nadesul. Penerbit Buku Kompas. Di buku ini dikemukakan, bahwa olah raga ga serta merta bikin kita sehat. Tergantung porsinya. Banyak kasus olahragawan yang cidera panjang, bahkan kena serangan jantung. Dan bahwa jalan tanpa alas kaki di atas kerikil menurut kedokteran ga baik bagi kesehatan. Berarti selama ini salah kaprah. Banyak kan tempat yang sengaja dipakein batu kerikil untuk jalan-jalan.

Intinya, bahwa hidup sehat itu pilihan. Dan ga harus mahal. Kuncinya pada kedispilinan; baik berkenaan dengan gaya hidup, maupun pola makan. Bagi kalangan tertentu mungkin saja ini pengetahuan "umum". Tapi Pak Handrawan bisa menyajikannya dengan cara yang sederhana dan menarik. Sangat interesan. Good. Saya pikir buku ini wajib dibaca setiap orang yang pengen hidup sehat. Saya kenal seorang teman, sekarang sudah meninggal karena sakit, satu hal yang ia sangat sesali adalah kurangnya ia menjaga kesehatan.

Siang saya bawakan renungan di acara pertemuan orang tua anak sekolah minggu. Ini acara kenaikan kelas. Ada semacam inagurasi buat anak-anak yang masuk ke remaja. Pakai toga segala tuh. Kreatif. Sorenya ada rapat majelis di Orchard. Sampai malam. Pulangnya dengan beberapa teman anggota majelis mampir makan di Bukit Timah. Buat saya acara keluar makan bareng begini yang penting bukan makannya, tapi kebersamaannya.

No comments: