Sunday, July 02, 2006

Catatan Harian

Day - 274

Siang jadi moderator di acara talk show guru Sekolah Minggu. Yang jadi narasumber guru paling baru dan guru paling senior. Topiknya, seputar motivasi dan suka duka menjadi guru Sekolah Minggu. Dilanjutkan dengan acara perpisahan dengan saya. Saya mengagumi pelayanan guru Sekolah Minggu. Ngajar anak-anak tuh ga gampang loh. Butuh kesabaran, ketelatenan, keuletan, dan tentu pengorbanan. Kecuali ya, kalau mau asal ngajar dan sekadar sampingan ngisi waktu.

Pula tanggung jawab guru Sekolah Minggu tuh besar. Ditangan para guru Sekolah Minggulah generasi masa depan gereja terletak. Makanya aneh kalau ada gereja yang kurang concern dengan pelayanan Sekolah Minggu. Sama anehnya dengan orang yang ngajar Sekolah Minggu tanpa keseriusan. Kalau saya sudah jadi pensiun dari pendeta saya pengen rutin ngajar Sekolah Minggu.

Sore makan malam bersama Oom Ruben dan Tante Nari. Para pendeta lain juga ikut. Oom Ruben dan Tante Nari ini usianya sudah 80-an. Sayang sama pendeta. Sebagai pendeta saya selalu merasa teduh bila ingat orang-orang seperti mereka. Bukan karena mereka suka ngasih-ngasih loh. Bukan. Tapi karena mereka benar-benar “hadir” sebagai teman berbincang dan orang tua yang ngertiin dan care gitu. Tapi Oom Ruben dan Tante Nari ini bukan sama pendeta saja. Sama semua orang mereka baik. Orang yang hatinya baik bisa ketahuanlah dari sikap dan tutur katanya.

Malamnya ke Lapiaza. Janji ketemu dengan teman. Di Lapiaza rame. Ada televisi besar nonton Piala Dunia ramai-ramai. Saya sih ga nikmatin nonton ramai-ramai begitu. Bola deket gawang saja sorakan orang-orang sudah kenceng. Lebih enak nonton di rumah. Sendiri. Tenang. Nontonnya bisa sambil merenung; mencari makna. Dalam momen tertentu pasti ada pelajaran yang bisa didapat. Ga sekadar nonton gitu.

1 comment:

Anonymous said...

waktu baru jadi GSM saya rasanya enteng2 aja dengan jabatan GSM. Tapi pas udah rada lamaan, ya jadi berasa banget tanggungjawabya, bukan cuma ke ortu tapi juga ke Tuhan.

Pernah saya bilang ke anak2 di kelas saya, " mungkin kalian takut sama nilai jelek, tikus, kecoa, dsb. Kalo kakak paling takut kalau harus cerita di depan kalian, kakak takut ada yang salah di ceritanya ..."

kalo ngajar catur salah, yang salah ya caturnya, kalo pas cerita Alkitab salah, wah jadi menyesatkan hidup anak.

saya juga salut sama GSM yang senior, yang ngajar sebelum dibangunnya GSG nan megah, dan juga buat 3 orang GSM yang dipenjara ( di daerah jawa barat ).