Wednesday, July 26, 2006

Catatan Harian

Day - 249

Siang ke Raffles Country Club di daerah Tuas. GPBB semua kongregasi lagi fund-rising untuk pembangunan gereja. Bikin turnamen golf. Saya hanya ikut pembukaannya. Beberapa teman secara bergurau tanya, pendeta boleh main golf juga ga? Katanya dulu pernah ada pendeta ikut main golf, eh jadi "bahan omongan”. Saya memang belum pernah denger pendeta main golf. Mungkin karena golf identik dengan olahraga orang kaya. Sedang pendeta identik dengan "kesederhanaan". Tapi menurut saya sih kalau memang bisa kenapa ga kan. Katakanlah golf itu olah raga orang kaya. Ga apa-apa juga. Kalau golf bisa jadi sarana lobby dalam bisnis. Tentu bisa jadi sarana pekabaran injil juga kan. Orang-orang kaya juga butuh Injil loh.

Saya pernah baca di buku golf itu singkatan Gentlemen Only Ladies Forbidden. Olah raga ini berasal dari Inggris. Konon asal muasalnya begini. Dulu ibu-ibu di sana kerap kesal sama suami-suami mereka, karena suka kumpul-kumpul ga ada juntrungnya, ngobrol sambil minum-minum. Karena merasa terus dicereweti para istrinya, para suami itu jadi balik kesal juga. Lalu mereka bikin semacam permainan mukul-mukul bola, yang kemudian dikenal dengan golf. Sebagai “pembalasan” terhadap para wanita dipakai nama GOLF :)

Saya sediri sampai sekarang masih suka heran, koq ada orang yang suka golf. Malah katanya ada yang sampai kecanduan. Mungkin karena saya belum ngerasain “nikmatnya” main golf. Dulu saya pernah “ngejek” itu olah raga orang tua. Tapi pernah waktu di Jakarta dua kali saya nyoba main golf. Cuma driving. Pukul-pukul gitu. Aduh, ga gampang loh. Pinggang and tangan sakit-sakit. Kayaknya gampang tuh mukul-mukul bola mati begitu. Ternyata saya meleset melulu. Sekali malah pernah sampai melintir jatuh. Buset deh. Saya termakan oleh ejekan sendiri :). Kata teman-teman yang suka, golf tuh asyik. Dalam golf katanya, lawan sebenarnya adalah diri sendiri. Belajar mengendalikan diri. Lewat golf kita bisa mengetahui karakter orang. Yang sabar, yang emosian, yang ceroboh, dsb.

Sore saya ga ada acara khusus. Teman ngajak ke toko buku. Katanya lagi ada diskon. Tapi saya udah janji sama Kezia dan Karen mo jalan-jalan sore. beberapa hari belakangan saya pulang malam terus. Sampai di rumah mereka sudah tidur. Tadinya mo ke nature park. Atau ke library di west mall. Tapi pas mo berangkat ada tamu. Ngobrol-ngobrol, kesorean deh. Jadinya cuma jalan-jalan seputar rumah. Main di playground. Ke gym. Berenang. Dengan anak-anak yang penting waktu bersama-samanya.

7 comments:

Anonymous said...

saya juga pernah main golf, tangan sampe lecet2 dan badan sakit banget. Golf emang butuh kesabaran dan disiplin, mainnya aja pagi2 buta, jam 6an, berarti bangun bisa jam 4/5.

asal duit buat main golfnya duit halal sih gapapa pak he3.

Anonymous said...

golf mah olah raga "tidak berkeringat"

salam,

pram

Anonymous said...

mancing juga ga pake keringat kan pram hehehe. Kecuali mancingnya di bawah sinar matahari. Plus ga dapet2 ikan kayak kemarin tuh.. Gw sampe keringetan, saking gemasnya sama tuh ikan..

Kapan mancing lagi, kita pecahkan rekor yang punya blog :))

ayub yahya said...

pak hedge, betul filosofis golf tuh ternyata ga sederhana :)
pram jangan ngejek golf olah raga ga berkeringat loh. coba dulu. baru komen hehehe. ajakan mancing dari pris oke juga tuh pram. mo mancingnnya di sing?

Anonymous said...

sebenarnya golf itu berasal dari indonesia lho.. Dulu tuh namanya gundu (kelereng) terus berkembang deh jadi golf. he..he..he.. asal!!

ayub yahya said...

gundu juga konon mas calvin asalnya dari india loh. katanya itu dibawa oleh pada pedagang dari gujarat. tapi konon sih hehehe

Anonymous said...

I say briefly: Best! Useful information. Good job guys.
»