Thursday, May 11, 2006

Catatan Harian

Day - 326


Semalam nonton Teater Koma. Festival Topeng. Di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Karya dan sutradara Budi Ros. Bagus. Cerita dan pementasannya oke. Khas Teater Koma. Hanya dibanding lakon-lakon yang lalu, guyonan dan sindirannya ga gitu greget. Saya terakhir nonton Teater Koma 12 tahun lalu. Lakon Semar Gugat. Beberapa pemainnya ikut main juga di Festival Topeng. Kayak Salim Bungsu, Dorias Pribadi, dan Sari Madjid. Yang jadi Semar-nya Budi Ros. Yang saya kepengen nonton dari Teater Koma tuh Sampek Engtay dan Republik Togog. Tapi ga kesampaian.

Pagi-pagi saya ditelepon. Baru nyalain komputer. Ada anggota jemaat yang meninggal. Seorang bapak. Usianya belum 55 tahun. Saya ngelayat. Kemarin malam katanya, ia masih ngobrol dengan istri dan adik-adiknya. Biasa saja. Ga ada tanda-tanda. Eh, paginya mendadak meninggal. Serangan jantung.

Hidup kita emang ga pasti. Kita berada di bawah bayang-bayang kematian. Kapan pun. Di mana pun. Dan dengan cara apa pun. Kalau sudah waktunya, ga bisa ga. Ga bisa dielakkan. Maka, “berjaga-jaga” itu perlu. Kita harus selalu siap sedia. Sebab kita kan ga tahu kapan. Tapi pasti akan tiba waktunya.

Siang dijemput Pak Binsar. Sudah janjian. Mau ngobrolin tentang tesis. Lusa saya maju sidang tesis. Semacam “pembekalan terakhir”. Pak Binsar ini “pembimbing ga resmi” untuk urusan tesis. Kita sambil makan di JP Bistro, Hotel Aryaduta. Asyik. Makanannya enak-enak. Sepuasnya lagi. Cuma ya, betapa pun enak dan melimpahnya, perut kan tetap ada batasnya. Pulang ke rumah menjelang sore. Langsung siap-siap ke Bogor. Pimpin pembinaan bersama Persekutuan Mahasiswa Kristen IPB.

2 comments:

Anonymous said...

Selamat berjuang P'Ayub, semoga dimampukan yg terbaik u/finishing touch program pascanya. So ntar bs ditulis lagi: sudah selesai (part 2), yg berarti msh bs ada part 3 khan?

thx banget u/info Mitra Netra dan sharing2nya yg laen, sdh mjd berkat lho. Sbg perkenalan, sy merupakan "penikmat gelap" blogger bpk selama ini.

ayub yahya said...

hi bang sintong, salam kenal. thx supportnya. sering2 komen dong hehehe