Friday, May 19, 2006

Catatan Harian

Day - 317b

Kereta api ke Jakarta jam 14.00. Pagi ga ada acara. Pram, teman saya, ngajak main ke Cibulan di daerah Kuningan. Sekitar 30 menit dari Cirebon. Waktu kecil pernah beberapa kali ke sana. Ga banyak berubah. Cibulan tuh kolam renang umum. Airnya dari mata air Gunung Ciremai. Dasarnya dari batu-batu bulat. Uniknya di kolam itu ada banyak sekali ikan. Besar-besar. Bahkan ada yang sampai lima kiloan beratnya.

Jadi kita berenang bersama ikan-ikan itu. Namanya ikan Kancra Putih. Mirip ikan mas. Cuma lebih panjang dan lonjong. Sisiknya kayak ikan arwana. Ga tau kenapa dibilang putih. Padahal ikannya biru kehitaman. Konon itu ikan keramat. Hanya ada di situ. Ga boleh diganggu. Kalo mati harus diperlakukan seperti manusia. Dibungkus kain kafan. Pake sajen. Dikubur. Ada kuncen-nya. Menurut mitos, kalo malam ikan-ikan itu berubah jadi wanita-wanita muda. Ga ada yang bisa buktiin sih. Namanya juga mitos :).

Dari Cibulan ke Linggarjati. 15 menitan. Zaman penjajahan dulu itu tempat perundingan antara Indonesia dan Belanda. Yang kemudian dikenal dengan sebutan Perjanjian Linggarjati. Ada kolam renang dan pemancingan. Kita sempat mancing. Lumayan, ga ada sejam dapat hampir empat kilo; ikan mas, bawal, nila. Ikan-ikannya sih dikasihkan ke orang :). Kebetulan teman punya oom ulang tahun.

Di Cirebon waktu tuh kayaknya banyak banget deh. Setengah harian bisa kemana-mana. Pulang dari Linggarjati masih sempet ke pasar beli oleh-oleh. Bisa ngerujak dulu segala. Sebelum jam 14.00 udah di stasiun. Kereta on time. Jam 17.00-an sudah sampai di Jatinegara. Welcome to the jungle.

5 comments:

Anonymous said...

berenang sama ikan?
wah serasa di sea world donk he3
pak ayub pengalamannya asik2 nih

Anonymous said...

kuncen apaan sih? kuper nih.. hihihi.. Hantu gitu? Baru tau yang namanya Perjanjian Linggarjati tuh ada tempatnya. Saya pikir dilakukan di hutan jati.. aduh.. *kabur*

ayub yahya said...

pak hedge, kalo di sea world ikan-ikannya di dalam. kalo ini betul-betul deh kita bisa bersetuhan dengan ikan :)
kwek, kuncen tuh semacam penunggu nya gitu. atau pawang gitulah. kayak mbah marijan di gunung merapi. perjanjian linggarjati karena emang dilakukannya dilinggarjati gitu

Anonymous said...

Ya betul! Di Cibulan kita langsung bersentuhan sama ikan kancra bodas. Bahkan berenang bareng ikan ikan itu (kalau ga geli).

So, ada alternatif lain selain Sea Walker yang waktu itu mas Ayub promosiin dari Bali. Ngapain mahal - mahal dan jauh - jauh ke Bali? Ada yang jauh lebih murah di Cibulan. Namanya Cibulan Traditional Empang Walker. Bisa menyelam, ga usah pake tabung oksigen lagi. Airnya tawar, ga asin kayak di laut. Jernih pula, langsung dari mata air gunung Ciremai dan tidak pakai kaporit sama sekali. Bayarnya murah, cuma Rp 2500 per orang.

salam,

pram

ayub yahya said...

kalo mo ke cibulan. hubungin saja "kuncennya": pram. silahkan