Wednesday, May 17, 2006

Catatan Harian

Day - 319

Sejak kemarin di koran “heboh” final Liga Champions Eropa subuh nanti. Barcelona lawan Arsenal. Saya jagoin Barcelona 2-0. Tapi asal tahu saja, “ramalan” saya lebih sering meleset :). Dari dulu saya suka Barcelona. Ga tahu kenapa. Rasa suka, seperti juga cinta, ga selalu butuh alasan kan. Hehehe.

Saya dapat SMS dari seorang teman: My head says Barca will win, but my heart says Gunners will win. Ia fans berat Arsenal. Barcelona emang banyak difavoritkan. Tapi ya, seperti kata ujar-ujaran: “bola itu bundar”. Perhitungan di atas kertas ga selalu sama dengan kenyataan di lapangan. Tahun lalu siapa duga Liverpool jadi juara. Ngalahin AC Milan. Hidup juga begitu kan. Ga selalu sama dengan perhitungan.

Baru baca majalah Basis. Rm. Franz Magnis-Suseno ultah ke 70. Ia lahir di Eckersdorf, Silesia, Jerman. Sekarang masuk wilayah Polandia. Datang ke Indonesia 1961. Menjadi WNI 1977. Guru Besar di STF Driyarkara hingga kini. Ia orang hebat. Tapi tetap rendah hati dan sederhana. Selamat ulang tahun, Romo. Tuhan memberkati.

Sore pimpin kursus menulis di STT Jakarta. Kelas terakhir. Kelas terakhir ini harusnya Rabu 3 Mei yang lalu. Tertunda. 3 Mei saya di Bali. 10 Mei pimpin di Bogor. Sebuah kegiatan yang sudah rutin bila “terputus” di tengah jalan, biasanya mengurangi semangat peserta. Tadi yang hadir hanya 9 orang. Berarti 7 orang ga hadir. Tapi dari yang 9 orang ini hasil akhirnya oke loh. Enam renungan, satu cerpen, dan beberapa refleksi dalam bentuk catatan harian. Rencananya akan dikirm ke koran, majalah atau website. PPWG STT Jakarta masih akan merancang kursus berkhotbah lanjutan dan seminar sehari tehnik menulis.

No comments: