Wednesday, August 02, 2006

Catatan Harian

Day - 242

Di sini saya benar-benar diajar ngehargai waktu. Kayak tadi pagi. Mo ke gereja. Begitu keluar gerbang apartemen, bis sudah ada di halte. Saya lari biar ga ketinggalan. Lah sampai dekat halte bis sudah keburu jalan. Andai tadi saya jalan sedikit cepat, pasti akan keburu. Kalo sudah ketinggalan bis gini biasanya paling ga seperempat jam mesti tunggu bis berikut. Jadi jangan pernah bilang, “Ah, cuma beberapa detik!” :). Beberapa detik pun bisa menentukan loh.

Siang janjian ketemu teman di West Mall. Ia pendeta dari Semarang. Lagi di Singapore nengok ibunya. Dari gereja ke West Mall tuh sebetulnya ga jauh. Kalau jalan kaki nerobos gitu, paling 10 menit. Tempo hari pernah sama teman. Tadi saya coba jalan kaki. Lha, koq sampainya ke jalan itu lagi. Ujung-ujungnya saya kembali ke halte biasa tunggu bis lewat. Kalau naik bis sudah nunggunya lama, muter-muter lagi. Bener-bener parah nih saya kalau soal jalan. Ampun, ampun.

Katanya bulan ini dalam tradisi Cina terhitung bulan ketujuh. Seventh month. Biasa disebut juga Hungry Ghost Festival. Tanggal persisnya saya juga ga tahu. Pada bulan ini konon hantu-hantu berkeliaran. Di food court-food court dan lapangan kerap ada semacam meja sembahyang atau apa gitu. Ga gitu jelas. Pokoknya bagi orang yang percaya, takut keluar malam. Kalau jalan ga boleh nengok ke belakang. Transaksi jual beli rumah dan restoran sepi. Tapi itu katanya sih.

Sore nengok teman yang baru melahir kan di Mount Elizabeth. Anak ketiga. Konon di Singapore salah satu masalah yang dihadapi banyak keluarga adalah ga punya anak. Adopsi anak di sini mahal dan mesti antri. Kadang hidup emang ironis. Orang-orang yang pengen punya anak dan dari segi materi dan pendidikan mampu, malah susah punya anak. Sementara ada orang-orang yang keadaan ekonominya sulit lha koq malah gampang brojol. Saya ingat seorang kenalan. Pengangguran. Sesekali saja jadi calo angkot di Bandung. Anaknya tujuh. Tadi waktu lihat bayi. Doa. Duh. Saya tuh paling senang lihat bayi. Tenang. Tentram. Kayaknya surga tuh seperti itu deh :).

4 comments:

Anonymous said...

he3, Singapura disiplin banget ya. Kalo di jakarta sih waktu kayaknya bisa di nego. Besok saya ngurus daftar S2, moga2 aja nggak diresein, maklum negeri. ngurus ini itu seringkali di lama2in.

dulu saya mau copy selembar dari buku perpus ( copy di perpus ) aja disuruh nunggu besok baru jadi. Untungnya sekarang perpustakaan udah diperbaharui pelayanannya.

Anonymous said...

adaptasi dong, bro! perhatiin juga kalo di eskalator tu... ada jalur khusus buat nyalip n buat diem.

ada orang indo yang udah jadi warga negara hongkong, lama tinggal di hongkong, bilang sama gw: di hongkong, gampang bedain orang indo dengan orang hongkong. liat aja jalannya. kalau lelet, pasti orang indo.

salam,

pram

Anonymous said...

yub, di singapore orang ga mau punya anak krn biayanya mahal dan mereka lebih bebas dan enjoy kalau tidak punya anak. demikian.

ayub yahya said...

pak hedge, yang aneh, orang indonesia yang datang ke spore ikut-ikut jadi disiplin loh? balik lagi jakarta, ga disipilin lagi :)
pram, ungkapan itu pernah juga saya denger di sini.
juz, bisa jadi sih itu salah satu alasan. tapi ga sedikit loh pasangan muda yang pengen punya anak n tapi ga bisa gitu.