Wednesday, August 16, 2006

Wednesday's Games Idea - 11


Tujuh belasan

1. Lomba Makan kerupuk
Permainan dilakukan dengan menggantungkan kerupuk pada seutas tali. Lomba diikuti oleh beberapa orang. Yang menang adalah yang kerupuknya paling cepat habis, atau paling sedikit bersisa ketika waktu habis. Tahukah anda bahwa MURI pernah mencatat rekor Krupuk terbesar berdiameter 100 cm pernah ada di Semarang bulan Juni 1994.

2. Lomba Bakiak
Permainan berlomba adu cepat dengan menggunakan bakiak (sendal khas Jawa). Biasanya bakiak dibuat khusus. Satu bakiak dipakai bersama beberapa orang. Diperlukan kekompakan untuk memainkannya. Rekor peserta terbanyak dicatat MURI tahun 2005. Sebanyak 75 orangberlomba bakiak. Ada 15 kelompok. Satu bakiak dimainkan oleh 5 orang dalam satu kelompok.

3. Tarik Tambang
Permainan dilakukan dengan cara adu kuat antar kelompok untuk menarik tambang. Kelompok dinyatakan menang ketika batas tengah tambang melewati garis yang disepakati. Biasanya anggotanya bervariasi antara 5 - 20 orang. Tetapi, tahukah anda bahwa MURI pernah mencatat lomba tarik tambang dengan peserta terbanyak yaitu 420 peserta (240 orang lawan 240 orang). Kejadian itu terjadi di Jakarta tahun 2004.

4. Panjat Pinang
Permainan memperebutkan hadiah-hadiah yang tergantung di puncak batang pohon pinang. Sebelumnya biasanya, batang pohon sudah dilumuri dengan cairan yang licin (oli atau minyak). Peserta akan susah payah untuk mencapai puncak. Biasanya dibantu beramai-ramai. Panjat pinang yang tidak biasa pernah tercatat di MURI ketika Sea World Indonesia mengadakan panjat pinang di dalam akuarium utama Sea World pada tanggal 17 Agustus 2003. Selain itu Pusat rekreasi Ancol, Jakarta memegang rekor sebagai penyelenggara panjat pinang terbanyak dengan 208 pohon pinang di satu tempat yang sama.

No comments: