Tuesday, August 29, 2006

Catatan Harian

Day - 216

Senin, 28 Agustus 2006 -- Pulang Singapore. Ke Bandara Haji Djuanda diantar Teman. Mampir dulu makan siang. Sebelum masuk bandara kan ada tuh tenda-tenda yang jual makanan. Kayak tempat istirahat di jalan tol. Kita makan pecel Madiun. Saya terkenang pecel Madiun tuh waktu beberapa bulan lalu naik Kereta Api dari Surabaya ke Jakarta. Kereta Api berhenti sebentar di stasiun Madiun. Ada pedagang-pedagang asong jual makanan. Saya beli nasi pecel. Dibungkus pake daun. Entah daun apa. Yang pasti bukan daun pisang. Sebungkus Rp. 3000 rupiah. Rasanya enak banget.

Sayangnya, kali ini bukan enak, malah “enek”. Ayamnya berbau. Kayaknya sudah dari kemarin-kemarin. Sayurnya juga basi. Makan dua suap terus kami bayar. Kami tinggal. Saya ga habis pikir, ayam sudah berbau dan sayur basi gitu koq ya masih dijual. Dengan berbuat begitu, pedagang itu justru bikin susah diri sendiri. Kali ini ia untung. Besok lusa ia “buntung”, orang akan kapok datang lagi. Kebaikan dan keburukan terhadap orang lain biasanya akan berbalik mengenai diri sendiri.

Waktu boarding ada sedikit masalah. Saya bawa satu dus berisi buku masuk bagasi. Tas dorong saya mau bawa ke kabin. Tapi petugas di check-in counter bilang tas itu kegedean. Harus masuk bagasi. Saya jelasin bahwa waktu datang, tas ini boleh saya bawa ke kabin. Apalagi saya datang dengan pesawat yang sama. Petugas itu tetap ga ijinin. Saya pikir ya udah, toh saya juga jadi ga repot dorong-dorong tas. Tas masukin bagasi. Tapi jadi overweight. Ia minta sebagian isi tas dikeluarin. Saya mesti bongkar tas. Mana di belakang orang pada ngantri. Jadi ga enak. Masalah baru timbul. Saya ga bawa kunci tas. Gimana kalau ada yang hilang. Setelah sedikit ngotot-ngototan akhirnya ia bantu mencarikan “klap” untuk kunci tas. Beres. Tapi saya harus nenteng beberapa barang kecil. Sebenarnya ga masalah buat saya. Yang agak mengesalkan adalah "double standard-nya” itu loh. Mestinya kan prosedurnya baku di semua kota dan negara.

Masalah berikut timbul ketika urus bebas fiskal. Petugasnya bilang, ga bisa. Karena saya baru dua bulan tinggal di luar negeri. Petugas itu kemudian tunjukin aturannya. Di situ emang ditulis, bebas fiskal berlaku kalau orang sudah tinggal diluar negeri minimal enam bulan dalam setahun terakhir. Saya pikir, kalau kita sudah punya alamat di luar negeri otomatis bisa bebas fiskal. Apalagi bulan waktu pulang Jakarta, saya bisa bebas fiskal. Ya, sudah. Bayar fiskal deh :). Tapi jujur, jauh dilubuk hati, “ngenes” juga sih. Bukan karena jumlah uangnya, tapi lebih karena saya ga ngerti kenapa mesti bayar fiskal. Kalau kayak pajak kendaraan atau pajak penghasilan, okelah. Lha ini, orang mau bepergian koq ya harus bayar. Untuk apa uangnnya juga ga jelas kan. Perjalanan pulang lancar. Sampai rumah jam 9.30-an waktu Singapore. Dewi dan kids belum tidur. Kezia dan Karen senang banget tuh dapat kado kecil titipan dari beberapa teman.

2 comments:

Anonymous said...

Tidak mengherankan! pada saat ini yg jadi topik hangat adalah UU kewarganegaraan yg baru.masalah SKBRI.tidak heran "apa yg bisa dipersulit kenapa dipermudah" dgn demikian terbuka "kang tao"(obyekan/hasil sampingan)

SgtMajor said...

yg penting udah bisa balik dengan selamat pak. kalo mau ke jakarta kabar2in ya pak

GBU