Wednesday, August 02, 2006

Wednesday's Games Idea - 09


Kejarlah Daku Kau Kutangkap


Bahan Yang Dibutuhkan : Kertas folio ½ halaman; setiap peserta mendapat dua lembar, Spidol atau alat tulis lainnya, Selotip
Jumlah peserta : 25 - 50 orang
Waktu permainan : 15 menit
Aturan permainan :
Masing-masing peserta mendapatkan dua helai kertas ukuran ½ folio dan alat tulis (sebaiknya spidol warna gelap). Mintalah setiap peserta menuliskan nama asli dan nama julukannya pada kertas pertama dengan memakai huruf yang cukup besar. Beritahukan kepada mereka agar peserta yang lain tidak melihat apa yang mereka tulis. Kemudian minta mereka menempelkan kertas yang sudah berisi nama asli dan nama julukan itu di punggung mereka sendiri dengan memakai selotip yang sudah disiapkan. Sisi yang berisi nama asli dan nama julukan harus menghadap ke luar agar nantinya bisa dibaca oleh orang lain. Setelah itu, minta mereka mempersiapkan kertas yang kedua beserta alat tulis mereka. Berilah waktu selama 10 menit agar setiap peserta berusaha untuk dapat membaca dan menuliskan nama asli dan julukan peserta yang lain dan pada saat yang sama berusaha agar kertas di punggungnya sendiri tidak terbaca oleh peserta lain. Sebelum dimulai, tetapkan syarat bahwa peserta tidak boleh menempel di dinding. Tegaskan juga bahwa peserta yang memiliki daftar nama paling pendek akan mendapat hukuman. Minta mereka juga untuk tidak keluar dari ruangan.
Tujuan permainan :
Ini adalah permainan perkenalan. Sekilas Kegiatan ini amat baik dipergunakan untuk memulai perkenalan sebuah kelompok besar yang belum saling mengenal. Yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah agar para peserta bukan hanya mengenal nama peserta lain, namun juga satu segi lain dalam hidup peserta lainnya.

No comments: