Sunday, August 13, 2006

Catatan Harian

Day - 234

Kamis, 10 Agustus 2006 -- Pagi berenang dengan Kezia dan Karen. Hari ini mereka masih libur sekolah. Saya ke kantor agak siangan. Rasanya sudah agak lama saya ga berenang bareng Kezia dan Karen. Waktunya susah “ketemu”. Dulu ketika di Jakarta waktu bersama relatif lebih banyak. Kolam renangnya yang “susah” :).

Di Jakarta kalau jalan paling ke mall. Di sini banyak sekali sarana buat bermain bersama keluarga; baik di dalam, maupun di luar apartemen. Cuma ya itu, waktunya yang susah. Kita harus pandai-pandai “menyediakan” waktu, memilih dan memilah pioritas. Kalau ga bisa-bisa kita asyik dengan kesibukan sendiri-sendiri. Ga punya waktu buat keluarga.

Jam 11 ke West Mall. Bersama Dewi, Kezia dan Karen. Janji ketemu teman. Sudah lama pengen ketemu, ga bisa-bisa. Teman kita tuh sudah lama tinggal di Singapore. 6-7 tahun. Anaknya waktu ke sini umur setahun-an. Sehari-hari bahasa Inggris, bahasa Indonesianya jadi ga gitu lancar. Salah satu pergumulan keluarga-keluarga Indonesia yang lama tinggal di luar negeri tuh bahasa anak-anak. Banyak anak-anak yang karena sejak kecil tinggal atau bahkan lahir di luar negeri, bahasa Indonesianya jadi ga lancar. Giliran mereka harus kembali ke Indonesia kelabakan.

Maka ga sedikit keluarga yang akhirnya memilih menetap di luar negeri. Walau tetap warga Negara Indonesia. Permanent Resident. Tapi ada loh teman saya yang anaknya besar di Singapura. Tapi bahasa Indonesianya tuh anak bagus. Bahasa Inggrisnya juga fasih. Kata teman saya itu sih, ia strict di rumah pakai bahasa Indonesia. Bagus juga begitu. Minimal anak jadi punya kemampuan berbahasa lebih dari satu. Dan juga, ia jadi tidak melupakan "akar-nya”.

No comments: