Wednesday, November 01, 2006

Wednesday's Games Idea - 22


Permainan Tradisonal - 02


4. Main Bekel
Bisa dimainkan oleh dua sampai empat anak. Pemain akan menyebarkan biji bersamaan dengan melambungnya bola. Selama bola melambung, pemain mengambil biji-biji bekel yang berjumlah enam buah. Ia harus mengambil biji bekel tanpa menyentuh biji bekel yang lain. Setelah semua diambil, biji bekel kembali disebar dan pemain mengambil biji bekel dengan jumlah yang makin meningkat dua, tiga, empat, dst dalam satu lambungan bola. Bangsa Yunani dan Romawi kuno juga memainkan permainan ini. Mereka menggunakan tulang jari domba sebagai bijinya. Baru pada abad-19 biji bekel terbuat dari logam.

5. Egrang
Permainan ini perlu latihan khusus keseimbangan tubuh. Alatnya adalah terbuat dari dua bambu setinggi dua meter atau lebih. Tumpuan berdirinya terletak 60 cm dari tanah. Dengan egrang ini orang kemudian berjalan. Yang sudah mahir bahkan bisa sambil berlari. Egrang juga dimainkan dalam permainan sirkus.

6. Gasing
Gasing berbentuk silinder mirip tabung dengan batang kayu persis di tengah atas dan bawah. Kayu di bawah sebagai tumpuan berputar, sedangkan yang di atas untuk tempat melilitkan talinya. Kayu gasing biasanya dari kayu ringan seperti dari pohon jambu atau pohon asam. Permainan ini asyik dimainkan berkelompok. Cara bermainnya dengan melilitkan tali pada kayu bagian atas, lalu gasing dilempar sambil menarik tali. Gasing akan berputar.

(sumber : Kompas)

No comments: