Wednesday, November 15, 2006

Wednesday's Games Idea - 24


Komunikasi Bisu


Jumlah peserta : kelompok besar, di bagi dalam kelompok kecil
Bahan yang Dibutuhkan : Beberapa bundel koran (satu bundel adalah satu hari terbitan, lengkap dengan semua halamannya), sesuai dengan jumlah kelompok. Akan lebih baik kalau setiap bundel berasal dari satu nama koran, misalnya Kompas atau Suara Pembaruan.
Waktu yang dibutuhkan :15-30 menit
Aturan permainan:
Lembar-lembar koran setiap bundel diacak dan ditukar dengan lembar-lembar koran yang ada pada bundel lain, sehingga membentuk satu bundel koran dengan lembar-lembar yang terdiri dari beberapa hari terbitan. Peserta dibagi dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 6-8 orang. Setiap kelompok mendapat satu bundel koran yang sudah berlainan lembar terbitan itu. Tugas setiap kelompok adalah menyusun bundel koran yang dimilikinya sehingga kembali lengkap satu edisi terbitan. Syaratnya, antara satu kelompok dengan kelompok lain harus saling memberi, tidak boleh saling meminta. Dan selama proses tukar-menukar lembar koran tidak ada yang boleh berbicara.
Tujuan permainan:
Dibutuhkan kepekaan untuk memahami kebutuhan orang lain. Dibutuhkankan kerendahan hati untuk mengerti maksud orang lain. Dan, betapa pentingnya komunikasi untuk melakukan semua itu.

No comments: