Wednesday, December 27, 2006

The All New You - 02


New Year Resolution
Become The Peacemaker

Fakta dan Data Tentang Perang:
  • Perang Dunia I menewaskan 5 juta orang dan 30 juta lainnya cacat.
  • Perang Dunia II menewaskan 55 juta orang
  • Pasca Perang Dunia II, di era modern tahun 1985-1995 tercatat, 2 juta anak-anak terbunuh, 6 juta mengalami luka seius atau cacat permanen, 12 juta kehilangan rumah. Selain itu 1 juta anak menjadi yatim piatu atau terpisah dari otangtuanya, 10 juta menderita trauma psikologis yang serius sebagai dampak perang, 300 ribu anak menjadi serdadu. Sekitar 90 persen korban perang adalah masyarakat sipil, utamanya anak dan perempuan. Separuh dari 21 juta pengungsi di seluruh dunia adalah anak-anak, dan setiap tahun antara 8.000 hingga 10.000 anak menjadi korban ranjau darat.
  • Laporan Asociated Pres selama abad 20 terjadi kekerasan karena perang yang luar biasa. Pembunuhan masal atau genosaida. Seperti di Revolusi Budaya di China, Kamboja Killing Fields, pemusnahan etnis di Bosnia, penumpasan PKI di Indonesia, Perang antar suku di Rwanda dan lain-lain menyebabkan kematian 170 juta orang.
  • Perang Iraq menewaskan lebih dari warga sipil 50.000
  • Perang Israel dan Hizbullah di Libanon menewaskan lebih dari 1000 rakyat sipil
    Sekarang perang dan pembunuhan dengan mengatasnamakan agama masih terus terjadi. Seperti teroris yang melakukan bom bunuh diri. Tragedi 911 di Amerika, Bom di Spanyol dan Inggris, Tragedi Bom Bali, tragedi Ambon, Poso, Bom Mariott dan Kedubes Australia di Indonesia.
  • Di samping perang tak berkesudahan antara Israel dan Palestina. Perang yang justru terjadi di tanah kelahiran Yesus, Sang Juru Damai.
Resolution Idea:
Dimana-mana yang namanya perang selau menimbulkan "luka". Dan orang nggak pernah belajar dari sejarah. Perang satu pergi perang lain datang. Terus begitu. Abad 20 adalah abad yang berdarah-darah. Akankah abad 21 juga begitu adanya?

No comments: