Saturday, December 30, 2006

The All New You - 05


New Year Resolution
We Can Save Our Earth


Tahukah Anda?

  1. Jika kita membuang 2 kaleng aluminium, kita membuang energi (sumber daya energi) lebih banyak dari yang digunakan oleh satu milyar orang termiskin di dunia dalam sehari.
  2. Sekitar sepertiga dari sampah orang Amerika adalah kertas pembungkus
  3. Lebih dari satu milyar pohon dalam setahun digunakan sebagai bahan baku popok bayi sekali pakai.
  4. Dalam setiap menit, 50 acre hutan dirusak.
  5. Rata-rata Orang Amerika menggunakan sumber daya energi dua kali lebih banyak daripada orang di Jepang dan Jerman Barat, dan 50 kali lebih banyak dari orang India.
  6. Lebih dari 90% sumber daya energi digunakan dalam penerangan listrik standar menggunakan lampu pijar bohlam hilang dalam bentuk panas.
  7. AC menggunakan 10 kali lebih banyak sumber daya energi daripada kipas angin, juga mengakibatkan 10 kali lebih banyak polutan
  8. Mobil dan truk pengangkut memberi kontribusi sekitar 20% dari karbondioksida yang ada di udara
  9. Ada lebih dari 500 juta unit mobil di seluruh dunia yang menggunakan 2 galon bahan bakar setiap harinya. Setiap galon melepaskan 20 pound karbondioksida ke udara.
  10. Sekitar 80% sampah ditampung di tempat pembuangan sampah. 10% nya dibakar. 10% lagi di recycle.

(diterjemahkan dari www.geocities.com)

Resolution Idea :
Mari memasuki tahun baru dengan tekad: turut berperan aktif menyelamatkan lingkungan. Tidak perlu melakukan yang "besar-besar". Mulai dari yang sederhanalah; mematikan lampu dan alat-alat listrik bila tidak digunakan, membiasakan diri membuang sampah di tempatnya terutama sampah plastik, merawat kendaraan agar tidak terlalu mengeluarkan polusi.

No comments: