Monday, September 11, 2006

Catatan Harian

Day - 203

Minggu, 10 September 2006 -- Pimpin kebaktian remaja. Tema: Bawang Merah Bawang Putih. Seputar iri hati. Tema diangkat dari dongeng yang sudah dikenal luas di Indonesia. Bagi remaja tema-tema yang "unik", bisa menjadi salah satu daya tarik. Sangat bagus kalau gereja memberi sarana bagi remaja untuk mengembangkan daya imajinasi mereka. Mengakomodir kebutuhan dan keinginan mereka kemudian mengarahkannya. Kreatifitas mereka harus dipandang sebagai nilai tambah.

Siang setelah latihan vokal grup, para GSM main ke rumah. Istilah mereka, silahturahmi. Kita ngobrol santai sambil makan. Mereka yang siapin semuanya. Termasuk beberes :). Sharing dengan Guru Sekolah Minggu buat saya serasa dejavu :). Saya punya "concern" khusus dengan pelayanan anak. Skripsi saya dulu tentang pelayanan pastoral kepada anak-anak. Awal-awal di GKI Kayu Putih, saya juga mendampingi Komisi Anak. Saya bermimpi suatu saat bisa mengajar rutin di Sekolah Minggu.

Pelayanan sekolah minggu tuh bagai "tabungan hari esok". Wajah gereja di masa depan sedikit banyaknya akan tercermin dari pelayanan sekolah minggunya. Saya selalu salut dengan para GSM. Ga gampang loh melayani anak-anak. Apalagi mereka yang benar-benar mencurahkan waktu dan tenaganya untuk mikirin. Padahal itu kan kerja "sukarela". Konon kualitas hidup dan kedewasaan kita ditentukan oleh seberapa jauh kita mampu melakukan sesuatu yang sifatnya sukarela dengan setulus hati dan sepenuh komitmen.

Malam diundang ramah tamah di rumah salah satu anggota jemaat. Yang hadir anggota jemaat senior. Mereka secara gurau menyebut ABG. Aku Baru Gocap :). Ngobrol dengan mereka ga saja dapat pengetahuan baru tapi juga "wisdom share". Kelebihan orang tua memang di situ kan, mereka pernah muda :). Ada yang suka diving. Ia cerita tentang kekayaan alam bawah laut Indonesia. Katanya, titik-titik penyelaman terbaik di dunia ada di Indonesia. Kayak Laut Banda, Wakatobi Sulawesi Tenggara, Selayar Sulawesi Selatan, Penida Bali, dan Kepulauan Raja Ampat Papua. Konon di situ banyak ditemukan spesies dan biota laut yang ga ada di tempat lain di dunia. Indonesia nan kaya. Duh.

No comments: