Wednesday, September 20, 2006

Catatan Harian

Day - 194

Selasa, 19 September 2006 -- Baca buku Finding God in Unexpected Places, Philip Yancey. Yancey mencermati kecenderungan gereja yang asyik dengan kenyamanan "di dalam". Di bagian pendahuluan ada cerita tentang seorang wanita bernama Joana. Ia melayani di sebuah penjara di Afrika Selatan. Satu kalimat menarik dari wanita itu. "God was already present in the prison. I just had to make Him visible." Panggilan setiap orang Kristen, membuat Tuhan "terlihat" di dunia ini.

Hari ini ga ada kegiatan khusus. Seperti biasa ke kantor. Dapat kiriman dua dus besar buku dari penerbit di Yogyakarta buat kolportase. Agak repot. Soalnya buku-buku tercampur antara yang dipesan dengan yang ditawarkan penerbit. Jadi tadi saya pilih dan pilah. Dalam rangka penutupan bulan keluarga hari Minggu besok, tim kolportase akan launching buku-buku agak "besar-besaran". Tentu menurut ukuran sini :). Ada sekitar 100 judul buku yang akan digelar.

Saya lihat di banyak gereja perpustakaan dan kolportase tuh ga begitu terperhatikan. Kesannya sekadar ada. Padahal sebagai bagian dari pelayanan literatur, perpustakaan dan kolportase punya fungsi sangat strategis. Bacaan-bacaan yang baik dan terseleksi dapat menjadi sarana pembinaan jemaat. Disamping merangsang budaya baca. Dan khusus kolportase, gereja juga bisa membantu "hidup" penerbit :). Saya bermimpi GPBB suatu kali punya perpustakaan dan kolportase yang oke. Sayang kita di sini kesulitan tempat.

Pulang agak sorean. Rumah kosong. Dewi dan anak-anak lagi nemeni teman dari Jakarta jalan-jalan ke Giant di daerah Jurong East. Heran deh, jauh-jauh ke Singapore jalannya ke Giant. Hehehe. Seharian ini cuaca panas. Singapore tuh ga tentu cuacanya. Kemarin seharian mendung dan hujan. Berenang.

No comments: