Wednesday, September 27, 2006

Wednesday's Games Idea - 17


Orang Pilihan


Alat yang dibutuhkan : kertas dan alat tulis
Waktu yang dibutuhkan : 15 - 30 menit
Jumlah peserta : maksimal 50 orang
Aturan permainan :
Ceritakan kepada seluruh peserta bahwa bayangkan mereka saat ini terdampar di sebuah pulau. Penduduk asli pulau ini adalah para kanibal. Mereka hanya punya waktu 24 jam untuk membuat perahu dan segera keluar dari pulau ini, sebelum menjadi santapan para penghuni pulau. Sekarang, mintalah setiap peserta untuk menuliskan 5 orang lain yang paling mereka harapkan ada bersama mereka di pulau itu untuk membantu mereka. Pertama, mintalah mereka menulis nama 5 orang siapa saja (bisa tokoh dunia, selebriti, pahlawan, dll) beserta alasan pemilihannya. Kedua, mintalah mereka menulis nama 5 orang yang saat itu ada di antara para peserta beserta dengan alasan pemilihannya. Setelah selesai, mintalah mereka berdiri berkelompok berdasarkan pilihan mereka. Diskusikan mengapa orang-orang tersebut dipilih. Mengapa ada yang "favorit" dan ada yang nggak terpilih?
Tujuan permainan:
Memilih tim yang tepat bukan pekerjaan mudah. Karena kerap yang kita lakukan adalah berupaya mencari orang untuk meringankan tugas kita. Yang bisa membuat kita lebih terbantu. Fokusnya ada pada diri kita sendiri. Padahal yang terpenting adalah mencari orang-orang yang tepat untuk mencapai tujuan bersama.

3 comments:

Paulus Iman said...

Pak Ayub, tanya donk, lalu bagaimana caranya memilih anggota tim yg tujuannya utk mencapai tujuan bersama? bukannya dalam sebuah tim itu memang ada unsur utk memudahkan suatu pekerjaan karena dilakukan bersama-sama?

ayub yahya said...

Pak Paulus, konon tim yg baik kan yang harus saling menutupi kelemahan anggotanya, bukan membentuk tim "back up" semata.
Ibarat tubuh gitu kan ada yg jd tangan, mata, kaki, otak, dsb. Kan sering tuh tim yg isinya orang dengan tugas "overlaping". Jadinya ga efektif. Fokusnya kan mestinya pada tujuan, bukan "biar kerjaan kita ringan, dan kita ga repot". Gimana menurut Pak Paulus?

Paulus Iman said...

Oh, maksud pak Ayub, kalo merekrut orang2 utk menjadi sebuah tim kerja jangan memilih orang supaya kita bisa mengandalkan orang tsb dan beranggapan krn ia "serba bisa" dan "mau repot" mengerjakan segala hal, maka tugas akan menjadi ringan, melainkan semua anggota tim harus berjerih lelah bersama mencapai tujuan sebuah tim, gitu ya pak? Tapi setuju ga pak kalo dalam sebuah tim atau katakanlah sebuah kepanitiaan, si ketua saja yg harus paling repot drpd yg lain, krn dia kan "ketua", jadi memang sudah sewajarnya harus lebih repot drpd anak buahnya??