Thursday, April 27, 2006

Catatan Harian - 339

Tadi siang ketemu dengan seorang teman. Pendeta juga. Kita sudah janjian sejak seminggu yang lalu. Ia bersama seorang pemudi anggota jemaatnya.

Ceritanya begini. Pemudi itu punya trauma dengan “cowok”. Ia memutuskan untuk ngejomblo seumur hidup. Keputusannya ditentang orang tuanya. Orang tuanya itu sebetulnya bagian dari trauma ia juga. Suatu kali ia membaca buku saya: “Ngejomblo Itu Nikmat”. Ia seolah mendapat dukungan. Ia begitu terpengaruh dengan buku itu. Hingga ia membeli semua buku saya. Ia pengen ketemu dan ngobrol dengan saya. Pendeta teman saya itu memfasilitasinya.

Saya jelaskan, bahwa dengan buku itu saya ga hendak “mengagungkan” status jomblo. Ga. Yang mau saya katakan, yang penting tuh bukan statusnya; jomblo atau ga. Yang penting cara kita memandang dan menyikapinya. Ngejomblo pun bisa produktif koq, kalo kita pandang dan sikapi dengan positif.

Jadi keliru kalau kita memutlakkan, bahwa seseorang itu baiknya kawin. Sama kelirunya dengan memutlakkan, bahwa seseorang itu baiknya ngejomblo. Ngejomblo ato ga, biar itu menjadi “urusan” Tuhan. Kita jalani saja hidup ini apa adanya. Mengalir. Go with the flow. Jangan menutup diri. Tapi juga jangan mengobral diri.

Malam saya pimpin persekutuan wilayah Kayu Putih. Dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Saya selalu menikmati suasana pesekutuan wilayah. Rasanya akrab gitu.

6 comments:

Anonymous said...

Di masyarakat kita sering sekali orang terlalu mencampuri urusan orang lain ya, kalau belum menikah selalu ditanya kapan nikah, kalau sudah nikah...kapan punya anak...kalau sudah punya anak...kapan tambah lagi...kalau sudah punya 2 or lebih tapi berjenis kelamin sama (mis. ce dua2nya) kapan punya anak co... he..he.. kapan selesainya ya...
Padahal ya benar kata Pak Ayub mau ga nikah.. mau nikah.. mau punya anak 1 atau 5, mau anaknya ce semua, mau co semua... ya 'urusan' Tuhan kan?

Anonymous said...

melihat keadaan dunia saat ini, harga minyak yang melambung tinggi, perang dimana2, ekonomi hancur.. mendingan ngejomblo aja dah.. ga ada beban lage.. "Begini nasib jadi bujangan, kemana2 asalkan senang tiada orang yang melarang.."

Anonymous said...

hidup Jomblo!
saya lebih seneng ngejomblo, tapi ya ntar ada saatnya pasti kita alert dan mulai mau serius nyari pasangan hidup he3

Anonymous said...

Bagi gw, yang penganut paham aji mumpung, nikmatin aja jomblo itu. ada kenikmatan khas jomblo. yang ga mungkin didapetin lagi kalo udah punya pacar or udah merid. misal: keluyuran sama temen2 satu geng (kalo udah pny pasangan kan susah tu). nikmatin aja jomblo. mumpung masih bisa.

"..selagi masih siang.......sebab akan datang malam..."

salam aji mumpung,

pram

ayub yahya said...

loh loh loh ini koq malah jadi ajang proklamasi jomblo hehehe.
bu elihenken, ebtul tuh, saya juga kalau ke bektim mesti ditanyakan begitu anak berapa, kalaua dijawab dua, dutanya lagi ce co. kalau saya jawab dua-duanya ce. dibilang satu lagi dong co.
wuihhh. sampai pernah saya punya ide bikin tulisan gede ddigantung di leher: anak dua, dua2nya ce, ce co sama saja. :)))

Anonymous said...

kalo ngomong soal perkembangan jaman dan anak, saya jadi mikir..
mo dikasi dunia seperti apa yang anak anak kita nanti (buat yang belon punya anak)

buat yang udah pny anak... ya sudahlah ...
becande...

semoga anaknya bisa membantu anak anak yang lain (kelak) dan menjadikan bumi lebih baik hehehe....

soal jomblo.. jomblo itu nikmat..
tapi gak jomblo juga nikmat...
saya seorang gak jomblo yang jomblo

hmmm....