Tuesday, April 04, 2006

Catatan Harian - 362

Kemarin sampai di Jogja jam 10 malam. Dijemput Eko. Nginap di rumahnya. Paginya ke kampus urus tesis. Kedua dosen pembimbing setuju saya maju sidang. Akhirnya. Tapi, saya tau mereka setuju lebih karena tesis saya udah terlalu lama tertunda-tunda :). Ga apa-apalah. Toh saya juga ga ngejar nilai. Buat apa kan.

Saya sudah lama berhenti percaya dengan yang namanya nilai akademis. Seperti juga dengan gelar akademis. Menurut saya, kampus punya 'dunia'-nya sendiri. Keberhasilan di kampus ga lantas jadi petunjuk keberhasilan di dunia nyata. Juga sebaliknya. Bagi saya dunia kampus seumpama dunia rekreasi. Just for enjoy, bukan untuk dibela-belain :)

Siang sampai malam ‘kelayapan’ dari gramedia terus ke warnet terus ke social agency. Itu lo toko buku diskon di dekat Galleria. Nyari buku pesanan Kezia dan Karen, tapi ga ada juga. Dapatnya malah buku-buku buat bapaknya :). 6 buku lagi. Hujan gerimis. Mampir di Galleria lagi ada band di lantai dasar. Ribut banget. Ga betah. Bukan ga suka band, tapi dari tadi saya tu lagi pengen tenang.

Pulang naik becak. Cari becak susah. Bukan ga ada becak. Di depan Novotel banyak becak, tapi pada ga mau narik. Alasannya gerimis. Kayak ga butuh duit. Nyeberang. Juga sama. 2 becak pertama ga mau narik. Malah saling tunjuk. Ada satu bapak tua mau. Ga aji mumpung mentang-mentang gerimis kasih harga mahal. Saya jadi bersimpati dengan bapak itu. Turun saya kasih tiga kali lipat dari harga yang ia minta. Pas semua sisa uang di dompet.
Tak semua kemiskinan karena kemalasan.

8 comments:

Anonymous said...

setuju pak, kadang2 orang malas kaya2.. hidup emang aneh ya pak

ayub yahya said...

dan orang rajin malah miskin, kayak bapak tukang becak kemarin itu :))
betul hidup tuh aneh

Anonymous said...

pernah punya pengalaman mancing ikan? biar pun rajin ngecek kail dan umpannya, biarpun teknik mancingnya oke, kalo ikan kaga nyamper, mana mungkin dapet ikan?

biarpun sekolah sampe master, biarpun ulet. kalo rejekinya punya orang lain, ga akan nyamper ke kita kan?

salam,

pram

ayub yahya said...

dua kali mancing di jatiluhur, dapet apes, bo!
makanya hidup ini sederhana koq,
jalani saja dengan iman. iya kan?

Anonymous said...

Pak ayub, blog nya membawa pencerahan kepada saya. Saya nemu oase di blog pak ayub. Salut pak. Thanks ya. Betapa banyak mata kuliah di perguruan tinggi yang tidak terpakai di kehidupan nyata. Saya kewiraan jelek lhoo, tapi tetep cinta tanah air tuh..

ayub yahya said...

hehehe, saya juga :)))kalo ingat dulu kuliah sampai wayangan belajar kewiraan, bahasa indonesia, pendidikan moral pancasila dsb. lalu sekarang, buat apa gitu?

Anonymous said...

makanya andreas harefa bilang gak perlu sekolah koq...cukup jadi manusia pembelajar ajah hehehe...

ayub yahya said...

eits, jangan salah, sekolah tetap perlulah. tapi bukan segala-galanya gitu :)))