Wednesday, April 12, 2006

Catatan Harian - 354b

Jam 10 tadi pimpin PA kaum ibu. Bahas pengantar Surat Yakobus. PA kaum ibu bahannya berseri per kitab. Sebagian besar kitab dalam Alkitab rasanya suda dibahas deh. Bergantian. Cuma apa masih diingat? Entah :). Kadang saya tuh suka mikir gini, dari sekian banyak khotbah yang didengar, PA yang diikuti, berapa banyak yang diingat? Dari yang diingat, berapa banyak yang dijalankan? Jangan-jangan khotbah dan PA cuma jadi rutinitas. Dan gone with the wind.

Sore pimpin kursus menulis si STTJ. Ini pertemuan pertama dari empat kali pertemuan yang direncanakan. Surprise. Persertanya mencapai target masimal. 15 orang. Malah katanya, terpaksa ada yang ditolak. Beberapa orang peserta kursus berkhotbah yang juga saya pimpin bulan lalu ikut lagi. Pesertanya ada pendeta, calon pendeta, penatua, aktivis lembaga literatur. Per peserta bayar 500 ribu rupiah.

Terus terang saya agak grogi. Saya ga biasa pimpin acara yang pesertanya harus bayar. Baru tiga kali. Tehnik bercerita, tehnik berkhotbah, dan tehnik menulis. Semua yang adain Pusat Pelatihan Warga Gereja STTJ. Grogi karena, ya minder saja gitu :). Emang saya ini siapa, orang yang ikut acara saya sampai mesti bayar?!

Tapi saya juga jadi belajar sih. Dari mempersiapkannya. Saya jadi “dipaksa” cari-cari bahan. Juga dari diskusinya dengan dan antar peserta. Belajar karena mengajar. Saya appreciate dengan kerendahan hati para rekan pendeta yang mau nyempetin ikut kursus ini. Bayar lagi :))

10 comments:

Anonymous said...

Mahal juga ternyata ikut kursus nulis sama Pak Ayub:)) Gimana sih biar bisa nulis, pak? Saya nulis komentar saja mikirnya lama:(

Anonymous said...

jangan grogi pak, siapa tau ini bisa jadi "final destination" he5x.
Mungkin ini saat yang bp tunggu2..
lumayan...

Anonymous said...

Wah, saya kelewat dua hari, ceritanya udah banyak:))

PA kadang-kadang hanya sebatas program saja. Kayaknya kalo ngga ada PA, ada yang kurang. Gimana supaya itu ngga gone with the wind?

Anonymous said...

kwekkwek.. dimana kamu? kok ga comment seh?

Anonymous said...

PA itu baik. Emang sih engga semuanya nyimak, tapi pasti ada yang nyangkut. Mungkin 1 atau 2 ibu? Terus dia pulang, dia cerita ke teman2nya/suaminya/anak2nya. 5 hari kemudian ibu itu mulai lupa karena sibuk ngurus keluarga. Pas udah lupa beneran eh besoknya ada PA lagi.. jadi diingetin lagi deh... he5x

Anonymous said...

hihihi, ada yang kangen aku.. bangganya.

Anonymous said...

tuan rumahnya mana nih? Spada....

Anonymous said...

sudahlah mas, anggap saja rumah sendiri:)) Yang punya rumah bae kok. Mas Calvin, koq kursus nulis disebut Final Destination, si? :))

Pak ayub grogi juga ya ternyata. Kotbah minggu juga pesertanya bayar lo,pak..dalam bentuk kolekte hihihi.

Anonymous said...

mau doong bahan menulisnya hehehe..
soal PA sih tergantung orangnya kalee ya.. yang paling bae sih.. kalo PA itu betul betul ngena di hati dan otak, bagiin ke orang lain..

pengalaman saya kalo bagiin hasil PA malah saya dapet hal hal baru lagi yang waktu PA gak kebahas...
dan makin inget juga.. makanya.. kalo dapet sesuatu jangan disimpen sendiri aja, cepet lupa ntar hehehe..sayang kan kalo berkatnya menguap sebelum jadi buah

kalo makin sering inget, harusnya makin sering punya keinginan atau kesadaran buat ngelakuinnya ya..

ah, Tuhan & firmanNya mah luar biasa lah..

ayub yahya said...

soary, sory, kalau saya gak nyuguhin minum pada para tamu :))) betul oceps tuh, kalau dapet sesuatu dari pa or khotbah mbok ya jangan diseimpen sendiri. bagiin. misalnya ditulis di blog saya hehehehe.
kwek, iya, saya juga gak ngerti yang dimaksud mas calveni final destination :)). kalau ke gereja kan ga wajib bayarnya kwek hehehe n boleh kasih "angin". gak ada yang tahu.