Friday, April 14, 2006

Catatan Harian - 352

Kemarin malam hujan gede banget. Di beberapa daerah banjir. Jalan-jalan macet. Tol dari Ancol arah Cawang kendaraan ga bisa bergerak. Lucunya pintu tol tetap di buka. Cari untung mbok ya jangan di atas kesulitan orang laen.

Saya sebetulnya pengen ikut acara Kamis Hening di gereja. Tapi ada teman yang pengen ketemu. Ia sedang punya masalah besar dengan istrinya. Ia pengen ngobrol. Mendesak pula. Karena ga ada waktu laen, jadi ‘terpaksa’ saya ga ikut Kamis Hening. Kadang saya heran deh, dengan orang. Ia tau itu tuh salah. Bahkan bisa menjerumuskan dan menghancurkan diri sendiri. Lha koq, tetap saja dilakukan. Akal sehat ga berfungsi. Yang ngendaliin hanya rasa. Tapi kadang saya juga begitu. Duh, ampun, Tuhan.

Pagi saya pimpin kebaktian Jumat Agung. Ada Perjamuan Kudus tiga kali. Jam 6.30, 8.30 dan 11.00. Bisa jadi ini Perjamuan Kudus terakhir saya di GKI Kayu Putih. Jadi ingat lukisan "The Last Supper"-nya Leonardo da Vinci. Kebaktian kedua jemaat yang datang, seperti biasa kalo ada momen khusus, membludak. Sampai banyak duduk di tangga dan di bawah tenda. Pas ketika salaman dengan jemaat selesai kebaktian, hujan turun deras. Macet deh di pintu pagar. Kebaktian ketiga hujan udah berhenti. Jemaat yang datang juga membludak. Saya terharu melihat antusiasme jemaat untuk beribadah. Sampai mau duduk di tangga dan di bawah tenda.

Jemaat secara umum itu ga neko-neko, koq. Mereka hanya pengen beribadah kepada Tuhan. Dan rohaninya disegarkan. Itu saja. Yang neko-neko, yang bikin ‘trouble’, yang bikin gereja jadi tempat ga sejahtera, ladang gosip, sumber pertentangan, kan para aktivis dan pejabat gerejawinya. Termasuk pendetanya :)

Bapa, ampuni kami, sebab kami tidak (mau) tau apa yang kami perbuat. Selesai kebaktian seperti biasa, rasanya lega banget. Thank God!

14 comments:

Anonymous said...

Dulu saya aktif di berbagai bidang pelayanan. sekarang itu semua saya tinggalkan. sy pikir jangan kita cuma jago kandang doang, tapi di luar jadi pecundang. Yah, sy keluar gara2 "trouble" di grj, terutama dg pdt saya. daripada sy berdosa bikin kudeta, mending keluar. berat emang... Sekarang sy lebih banyak dirumah, baca buku rohani, buka blog pak ayub.

ayub yahya said...

adede, wah, sayang dong talentanya kalo cuma di rumah? cari ladang laen kek yang bisa membuat talentamu berguna bagi orang laen gitu. misalnya, nulis di blog saya hehehe

Anonymous said...

kenapa orang punya masalah sama istri malah lari ke pendeta ya? Kan belum tentu menyelesaikan masalah juga. Kenapa ga diselesaikan saja berdua. *Bingung*

Saya tuh heran sama cowok deh,kalo bermasalah besar sama istri malah lebih bisa ngomong sama orang lain. Kenapa ga ngomong sama istrinya sih? :))) *Bingung lagi*

Anonymous said...

mau pindah kemana pak ayub? sy bisa ngerasain lho yang pak ayub rasakan skrg.
buat kwek2, kok jadi ke istri sih? salah baca ga yah kamu?

Anonymous said...

tul jemaat ga pernah neko2 apalagi jemaat saya. mereka dateng dengan penuh harapan dan saya merasa berdosa sekali kalo menyampaikan sesuatu ada kurangnya ato ga perfect ( bukan buat sombong2an, tapi ya masak seminggu sekali aja ga bisa diusahain yg terbaik )

Anonymous said...

Salah ya daku? hihihi. Sori. Tapi maksud saya, temen Pak Ayub yang lagi punya masalah besar sama istrinya. nyang bikin pak ayub ga ikut Kamis sepi..eh..hening :))Gitu loo mas calvin..

Anonymous said...

gimana mau ngomong ke istri, begitu ngomong satu kata, istri udah 14 kata. Udah kalah hawa. Tidak semua orang lho bisa terbuka begitu spt yg kwek maksud. Makanya dia perlu org ke 3.

Anonymous said...

Ini alasan klasik kaum adam:)) Dalam relasi, komunikasi itu kan penting, itu jembatannya. Kalo itu udah sulit dibangun maka = "warning! something wrong! may day,may day". Cuma dalam komunikasi perlu kerendahan hati. "Istri juga manusia, punya rasa punya hati" suami juga. Take and gift gicu lah.

Okelah, anggap begicu seperti kata mas calvin. Syukur kalo orang ke 3 yang dicari itu pendeta, bukan orang ke 3 nyang laen hihihi.

Anonymous said...

untung saya belum beristri he3
jadi masih bebas2 aja....

Anonymous said...

bebas itu relatif hihihi..

Anonymous said...

iya sih
numpang promosi donk
di blog saya dah diupload poto
sejem lagi nih paskah

buat saya walopun bebas karena belum berkeluarga tetep aja saya bertanggungjawab, ga macem2 deh he3

Anonymous said...

buat pak ayub dan rekan2 yang suka ngobrol di blog ini, met paskah yah.. Biar badai menghadang, biar hati terluka, tetap setia ngiring Yesus..Bravo

ayub yahya said...

met paskah semua. sering2 mampir ya. diskusinya asyik :)))

Anonymous said...

biarpun Paskah sibuk minta ampun semoga meaningnya tetep diinget he3