Saturday, October 07, 2006

Catatan Harian

Day - 177

Jumat, 6 Oktober 2006 -- Di sini kerasa nih efek kebakaran hutan di Riau. Udara agak berasap. Saya inget dulu sekali dengan teman yang pernah lama tinggal di Batam cerita-cerita tentang Singapore. Ada joke tentang Singapore dan Indonesia. Konon Singapore tuh punya persenjataan militer yang canggih. Sudah siap kalo sampe terjadi sesuatu dengan negaranya. Tapi, kalo Indonesia mau "nyusahin" Singapore tuh sebetulnya "gampang". Bakar saja hutan yang dekat dengan Singapore. Mereka ga bisa menangkal asap asal Indonesia :).

Pagi seperti biasa ngantor. Masih "mellow" nih dengan Indonesia. Saya bawa-bawa MP3 setel lagu-lagu Indonesia. Saya tuh sebetulnya sudah lama ga akrab dengan lagu-lagu Indonesia. Saya ga tahu misalnya Jikustik, Radja, Ratu, Rossa, Ari Lasso. Justru sejak di sini saya jadi akrab dengan lagu-lagu mereka. Ada teman yang kasih lagu-lagu MP3. Yang “terpaksa” saya dengar kalau lagi ingat Indonesia. Lama-lama saya jadi suka juga. Hehehe.

Malam berdua teman pimpin kelas Binaria. Ini pertemuan terakhir. Jadi sekalian bahas prosedur kalau mau menikah di sini, sekaligus juga evaluasi. Prosedur menikah di sini dengan di Indonesia tentu saja beda banget. Saya juga jadi belajar dari penjelasan yang disampaikan teman. Tapi saya tuh paling susah nih ngapalin yang namanya prosedur. Biasanya akan "nempel" sendiri seiring pengalaman.

Sama juga misalnya dengan komputer. Saya bisa “hapal” dengan program microsoft word. Karena sering “pakai”. Bisa karena biasa. Tapi sekarang kalau saya disuruh pakai microsoft excel misalnya. Walau pernah diajarin. Sampai dicatat langkah-langkahnya dengan detil. Ga bisa tuh. Karena ga pernah dipakai :). Tipe orang belajar lain-lain. Saya mungkin termasuk yang motorik. Ada yang tipenya visual dan hearing.

No comments: