Sunday, October 08, 2006

Catatan Harian

Day - 176

Sabtu, 7 Oktober 2006 -- Pagi ke gereja. Persiapan kebaktian pernikahan. Rasanya koq jadi banyak yang harus disiapkan. Kalao di Jakarta kan biasanya tahu pimpin gitu. Semua ada yang nyiapin. Dan sudah standar-lah. Di sini banyak yang saya harus perhatiin sampai ke "detail". Mana diterjemahkan pula :). Yang datang ga semua orang Indonesia sih. Banyak orang sini juga. Jadi kebaktiannya pakai dua bahasa. Indonesia dan Inggris.

Di Indonesia beberapa kali saya pimpin khotbah diterjemahin. Ke bahasa Mandarin sih. Tapi tetap saja agak "kagok". Jadi belepotan juga :). Saya kan kalau siapin khotbah biasanya hanya outline. Jadi kerap banyak improvisasi gitu. Tadi sempet tuh saya ngomong kepanjangan. Penterjemah minta diulangi. Tapi saya sudah terlanjur "lupa" yang barusan dikatakan :). Pengalaman pertama selalu menggoda hehehe. Menggoda tawa maksudnya kalau diingat.

Sore pimpin katekisasi. Kelas katekisasi ini pimpin gantian sama teman. Hari ini giliran saya. Terus ikut ceramah "Yoga ala Kristen". Berkenaan dengan meditasi Kristen. Yang datang kebanyakan pemuda karena acara memang di gabung dengan pesekutuan pemuda. Interesan juga. Saya baru "ngeh" arti kata amusement. Itu katanya dari kata "muse" berpikir atau merenung secara mendalam. Jadi amusement tuh "ga mikir". Seingat saya amusement itu tempat main ding dong:) Dulu waktu kuliah kalau stres suka tuh sama teman-teman main ding dong. Sekadar iseng. Sekarang dipikir bodoh juga. Apa menariknya?!

Malam sepupu telepon. Ga sangka juga. Belasan tahun kali ga ketemu. Ia lagi di sini. Maminya baru operasi. Saya juga kaget. Ia juga katanya baru tahu saya di sini. Ia jadi nginep di rumah. Kebetulan baru tadi pagi famili yang nginep kemarin pulang. Semoga saja tempat saya nih jadi tempat bertemu banyak orang. Saya sih senang kalau ada yang nginep. Btw, di sini asap sangat mengganggu nih. Kata teman yang udah lama di sini, ganguan asap akibat kebakaran hutan di Indonesia kali ini termasuk yang paling parah.

No comments: